Membersihkan Kekecewaan di Waktu Kecil

RESUME PROGRAM SHABU

⏳Tanggal : 5 April 2017

👸Narsum : mbak Rosita

👩🏻Moderator: Eva

🎬Tema   : Membersihkan kekecewaan di masa kecil

🔠Biodata Nara Sumber👸

➡ Rosita Noor Aini S.Psi, C.H, C.Ht, C.NLP

Lahir di surabaya , 40 th yg lalu

Anak : 2 org (putri 5 th n putra 2 th)

Berbagai macam profesi prnh dilakukan..kasir, admin, accounting, aktivis LSM, guru TK,konselor anak, karyawan pabrik, punya toko kelontong, baby sister, konselor psikologi, guru BK, motivator n pemilik bimbingan belajar.

Konselor Remaja n konselor finding soulmate.

📚 Materi🎬

MEMBERSIHKAN KEKECEWAAN DI MASA KECIL

Kekecewaan & kemarahan masa kecil yang masih terbawa sampai usia menikah dan punya anak akan sangat berimbas saat penerapan pola asuh pada anak-anaknya. Dendam ataupun kemarahan kepada orang tua yang belum terselesaikan akan mempengaruhi pikiran bawah sadar (subconsius  mind) kita. Pikiran bawah sadar ini akan mempengaruhi 88% perilaku kita, sedang pikiran sadar HANYA 12 %. Ini seperti fenomena gunung es yang tidak kelihatan dipermukaan tetapi sebenarnya cukup besar dibawah.

Hal ini terjadi terutama saat anak melakukan kesalahan dan kita marah. Kondisi seperti ini memicu subconsius untuk keluar dan melakukan perilaku yang sebenarnya sudah ditahan saat kondisi pikiran kita dalam kondisi sadar.

Contoh kasus : saat usia 7 tahun, anda pernah dipukuli oleh ayah sampai lebam2 padahal anda merasa tidak melakukan kesalahan yang dituduhkan. Luka bathin begitu membekas , sampai usia remaja anda sangat tidak suka dengan sikap ayah yang otoriter. Waktu berlalu Andapun menikah, punya anak dan ayah sudah meninggal. Saat ditanya Anda sudah memaafkan ayah namun ternyata hanya dimulut karena anda masih begitu terluka. Waktu berlalu dan saat anda punya anak,  anak anda melakukan kesalahan yang menurut anda fatal andapun tanpa sadar dan tidak terkendali memukulinya seperti waktu anda kecil saat dipukuli ayah. Hal ini seperti sampah yang sudah tertimbun puluhan tahun yang secara tiba-tiba keluar begitu saja. Dan  merupakan luapan emosi yang tidak terkendali. Sesudah semua terjadi anda baru menyesal.

Untuk itulah agar peristiwa yang sama tidak terulang lagi, anda HARUS menghilangkan sampah-sampah masalah yang masih mengendap bertahun-tahun. Dan anda anda harus bisa membersihkan dan menghilangkan luka bathin anda sendiri. 
Mengapa PERLU DILAKUKAN??? Kalau anda sakit, anda tidak bisa menyembuhkan org lain. Kalau anda sehat, maka anda akan bisa menyembuhkan orang lain termasuk anak anda.



👸Ada cara yang bisa anda lakukan sendiri, yaitu :

Cari tempat yang tenang & sunyi

📝Lakukan sholat taubat 2 rakaat ( bila anda muslim )

Baca istighfar 3x

Pejamkan mata, atur nafas & buat diri rileks ( sambil berdzikir La ilahaillallah berulang kali ) sampai tubuh benar-benar rileks.

( mata tetap terpejam ) Hadirkan diri anda sewaktu kecil yang terluka, hadirkan juga sosok ayah yang mendatangi dan meminta maaf atas semua kesalahan n kekhilafannya dulu. Luapkan semua emosi kekesalan anda kepada ayah. Ayah mendengarkan dg penuh kasih sayang. Ayahpun memeluk anda penuh hangat sambil meneteskan airmata. Anda memeluk juga. Ayah tersenyum n andapun ikut tersenyum. Anda telah memaafkan ayah dengan tulus ikhlas.

Tarik nafas keras, hembuskan ( lakukan 3x ). Sesi ini berakhir dan hati anda sudah merasa LEGA.



📝ADA jenis terapi yang juga bisa dilakukan sendiri, yaitu HipnoEFT plus Hopponopono. 

Cari tempat yang nyaman & tenang

Rilekskan diri anda & pejamkan mata

Atur nafas ( klu bisa pakai pernafasan perut )

Bayangkan sesuatu hal yang menyenangkan diri anda ( sambil katakan di dalam hati saya adalah orang yang penuh cinta 3x saya menyayangi semua orang 3x mulai hari ini dan seterusnya)

Kembali rileks & lebih fokus

Dari bahu tarik garis 45 derajat, anda akan menemukan titik Godspot bila ditekan rasanya sakit. Tekan dg menggunakan jari telunjuk n jari tengah.

Putar searah jarum jam sambil katakan  Ya Allah, dengan izin & ridhaMu jadikan hamba orang yang ikhlas atas semua yang terjadi di masa lalu hamba. Mulai hari ini dan seterusnya saya akan memaafkan semua orang yang menyakiti saya di masa lalu saya. ( bila masih berat lakukan beberapa kali masih merasa ringan )

Munculkan energi cinta yang luarbiasa besar masuk melalui ubun2

Hati anda merasa lebih tenang, lebih damai n lebih ikhlas

Buka mata dan tersenyumlah pada dunia.

Mari kita bersihkan semua sisa  sisa rasa marah, benci dan dendam yang ada di masa lalu anda untuk kebaikan diri anda sendiri dengan cara memaafkan n mengikhlaskan semua peristiwa dan orang yang membuat anda terluka. MEMAAFKAN bukan MELUPAKAN. Hanya energi marahnya yang sudah menghilang saat anda menceritakan peristiwa yg pernah terjadi.

📢 DISKUSI

1⃣ Miselia

Bagaimana cara merilis “kekecewaan/dendam” pada diri sendiri karena tak bisa memberikan yg terbaik pada anak?

Sy krg paham mksdnya… krn kecewa n dendam beda kontek nya. . sy hilangkn kata dendam.  Kita sering menyalahkan diri kita sendiri.

Untuk itu, diperlukan :

1. Belajar menerima diri apa adanya dg sgala kelebihan n kekurangannya..

2. Tanamkan pd diri bahwa anda adl ibu yg luarbiasa buat anak2 anda. Krn tdk ada ibu yg Sempurna, kita hanya bisa memberi yg TERBAIK buat anak2 versi anda sendiri.

3. Maafkan diri anda atas smua kesalahan yg mungkin prnh anda lakukan pd anak anda.

4. Berani Minta maaf pd anak anda (buang ego anda) dg hati tulus pd saat anak mau tdr, peluk n dekap…biar dia jg merasakan apa yg anda rasakan.

2⃣Mbak NN… 

Bagaimana cara mengatasi kekecewaan, trauma pada anak, agar tidak masuk (menghapus di) alam bawah sadar nya, yg sudah terlanjur orang tua lakukan. 

Supaya termaafkan oleh anak, sebelum ia menginjak usia dewasa.

Jwbnya hampir sama dg 👆point 3 n 4.

1. Maafkan diri anda atas smua kesalahan yg mungkin prnh anda lakukan pd anak anda.

2. Berani Minta maaf pd anak anda (buang ego anda) dg hati tulus pd saat anak mau tdr, peluk n dekap…biar dia jg merasakan apa yg anda rasakan.

Point 2 … anda lakukan bbrp kali…cr wkt yg tenang atau pd saat dibacakan cerita saat mau tdr. Ingat !!! Harus bener2 tulus dr hati…krn klu hny dimulut saja anak akan terasa. Sesuatu yg Disampaikan dari Hati akan sampai ke hati.

Sy tambahi sedikit… knp kok wkt menjelang mo tdr? Krn ini kondisi hipnosis…sehingga apa yg kita ucapkan cpat meresap.

3⃣ Yeni 

Apakah masalah ketidaknyAmanan dg lingkungan juga dimsk an dlm kategori ini ?

Sy sangat protektif pada anak2, saya berusaha selalu mengajak anak2 bermain di rumah agar mereka tidak tertarik main diluar. Apakah itu disebabkan ketidaknyamanan saya waktu kecil yg suka dikoment gak enak dan mendengar hal2 buruk ?🤔

Ketdknyamanan spt apa???

Takut???

Ketakutan anda…anda tularkan pd anak2 …anak2 bisa bingung dg sikap bundanya… apa yg membuat bunda takut ? Anak butuh aktifitas diluar.

4⃣ 🙋 Alif Kiky

Mbak rosita, saya mau tanya. Terkadang saat teringat masa lalu tentang pengasuhan orang tua yang teramat keras secara tak langsung akan terbawa emosinya saat anak rewel/menangis. 

1. Apakah saat anak rewel/menangis dan kita memendam amarah, adakah pengaruh untuk anak saat anak dibiarkan menangis dan kita berusaha meredam amarah, dengan kondisi di rumah hanya ada anak dan kita?

2. Saya pernah dengar tentang mindfulness. Apakah konsep mindfulness ini bisa pula diterapkan dalam masalah seperti ini?

Terima kasih


1. Bukan memendam amarah…krn klu  dibiarkan hr ini esok akan muncul lg….maka hrs dihilangkan emosi atau amarahnya. Mgkn lbh tepatnya cooling down… klu anak kondisi tantrum….biarkan dulu sejenak sampai dia capek baru anda dekati berdiri sama tinggi…anda bs jongkoj biar sana tingginya lalu peluk n bicara dr hati ke hati…sekecil apapun usianya…anak akan mengerti ttg perasaan ibunya.

No.2 

Mf sy tdk tahu secara detail ttg mindfullness…

Scr garis besar aja…itu  proses penerimaan diri kita ttg apa yg sdh trjadi dimasa lalu…n membuat smua mslh lbh ringan.

( klu ada yg krg mgkn ada yg bs nambahi )

Bisa sih spt nya… cuma scr penerapan praktik n detailnya sy blm prnh mempelajarinya.

🙋Sebenarnya tentang mindfulness, saya baru tahu minggu kemarin. Agak bingung juga mempelajarinya. Dan untuk mempraktekkannya juga masih belum dong 😅

Intinya dalam mindfulness ini bukan berarti kita mengosongkan pikiran kita, meninggalkan apa yg kita miliki sekarang

Dan kita dianjurkan aktif memperhatikan kondisi kita saat mindful, kita mampu mengobserve pikiran dan perasaan tanpa kita menilai baik buruknya

Gk apa2 mb alif…nanti mgkn lain wkt sy tny tmn2 terapis.

🙋Terima kasih mbak rosita Mbak, mau menanggapi yang no 1 ya

Ini anak saya umur 20 bulan, terkadang masih susah untuk mengungkapkan perasaannya. Apakah saat tantrum mereda kita ulik2 akar masalahnya? Terkadang kalau gemes sampe kebawa emosi

Kita peluk aj…. itu namanya Terapi Pelukan…krn stiap butuh pelukan bila tdk ada pelukan maka gampang marah cz tangki cintanya kosong mnta di isi. Kita jg butuh pelukan lho ibu2…😀biat tdk gampang marah.

5⃣ Yanti Yusron 

Titik godspot apa titik good spot ya?

Kita harus menekan titik tersebut dimana?

Ataukah berbeda beda antara satu dg yg lain?


Benar…Godspot.. . Ada yg bilang titik Tuhan… se7 atau tdk itu pendpt ahli.

Kenapa disebut spt itu…saya menemukan dr beberapa referensi yg berbeda.. 


istilah Godspot diperkenalkan oleh EFT ( Emotional Freedom Teknik) titik yg bil ditekan spt gerakan yg sy ajarkan diatad… u.melepaskan emosi negatif yg ada dlm tubuhl.

Ini jg titik akupuntur…spt prnh anda lihat film kungfu yg ditotok titik itu…ada dikanan n kiri…klu perenpuan pas dkt tali bra…45 derajat dr ujung bahu. Ditekan n diputar searah jarum jam.

Klu di SUFIstik…titik itulah yg kita tekankan saat berdzikir “laillahaillah” menoleh ke kanan n kekiri.

6⃣ Fera

Assalamualaikum, bu mau tanya yg untuk materi shabu😊. 

Sy dibesarkan dikeluarga yg alhmdllh sngt berkecukupan, inttinya hdp kepenak, dan skrg sy pun berlaku demikian ke ank sy, sy g prnh hdp susah, mk dr itu ank sy jg g boleh susah, intinya apa yg dlu org tua lakukan ke sy dan untk sy,,,, sy terapkan jg ke ank sy, salahkah???

Wa’allaikum salam…

Tdk ada yg salah… itu adl prinsip yg dianut keluarga jenengan. Smua keluarga punya cara pengasuhan yg berbeda-beda yg diyakini benar. Tetapi….skrg anda n suami membuat autran n pola asuh sndri. Cari kekurangan diluar kelebihan dr prinsip ortu anda tsb. 

Misal : biarkan anak anda berjuang untuk dpt hidup berkecukupan u.melatih dia hidup mandiri n kuat. Boleh anda bantu tp tdk semuanya.

7⃣ Nofita 

Bagaimana kalo masa lalu itu kekerasan verbal, bukan fisik… Apakah perlakuannya sama juga?

Sudah memaafkan, tapi kalo keanak kok masih terjadi terus ya… Seperti spontan gitu padahal hbs itu menyesal…

Sama kekerasan verbal…spt kata2 hipnosis yg mengakar masuk ke alam bawah sadar dg intonasi keras atau sindiran….sangat melukai hati .

Itu berarti belum benar2 MEMAAFKAN…

Seperti fenomena gunung es….

Lakukan spt tahapan terapi sy diatas.

Pertanyaan dan tanggapan yg belum terjawab… InsyaAllah akan disambung di diskusi bebas…

Salam Hangat,

💛Eva💜

Leave a comment